Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Resep Masakan Daging Babi Enak dan Bergizi

5 Resep Masakan Daging Babi Enak dan Bergizi

5 Resep Masakan Daging Babi Enak dan Bergizi
- Hi sobat resepinfo, Selain daging sapi dan ayam, daging babi merupakan daging yang banyak dikonsumsi dan banyak juga dijadikan sebagai wisata kuliner bagi Non-Muslim. Daging babi sangat banyak mengandung protein dimana protein ini berfungsi bagi masa pertumbuhan otot.

Daging babi juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk memasak di rumah, keluarga dan tempat perkumpulan. Resep masakan daging babi juga resep masakan yang mudah di praktekkan di rumah karena bahan atau bumbu yang tidak sulit untuk di dapatkan. 

Daging babi juga menjadi masakan spesial di hari raya, seperti di hari raya Imlek dan Natal serta hari - hari penting bagi Non-Muslim. Jadi kali ini resepinfo akan memberikan beberapa Resep Masakan Daging Babi Spesial yang enak dan Bergizi.

1. Grilled Baby Pork Rib

5 Resep Masakan Daging Babi Enak dan Bergizi

Bahan-bahan : 

  • 350 gram iga babi muda 
  • 100 gram kentang 
  • 25 gram sayur brokoli 
  • 20 gram sayur timun jepang 
  • 15 gram sayur wortel 
  • 50 gram saus barbeque 
  • Garam dan merica 
  • 50 gram bumbu untuk merebus iga babi 
  • 25 gram jagung manis 

Cara membuat : 

  1. Cuci bersih iga babi, kemudian taburi garam merica. 
  2. Panaskan wajan datar untuk memanggang iga babi, sampai semua sisi berwarna kecokelatan. 
  3. Siapkan air mendidih untuk merebus iga babi, dengan diisi, jahe, seledri, merica hitam. 
  4. Rebus iga babi sampai empuk. 
  5. Siapkan sayuran dengan merebus sampai matang, kemudian ditumis. 
  6. Kentang direbus sampai matang, kemudian dihancurkan sampai halus, dibumbui dengan garam merica dan bubuk pala dan sedikit keju parut. 
  7. Siapkan saus barbeque untuk memanggang iga babi yang sudah empuk direbus, dengan diolesi sedikit sambil terus dibakar. 
  8. Siap dihidangkan dengan sayur dan kentang. 

Bumbu untuk merebus iga : 

  • 50 gram jahe 
  • 25 gram seledri 
  • 30 gram tomat 
  • 20 gram bawang putih 
  • 15 gram merica hitam 

Cara membuat : 

  1. Semua bahan dipotong kasar.
  2. Masukkan ke air mendidih. 
  3. Masukan iga babi, rebus sampai iga babi empuk. 

Saus Barbeque Bahan : 

  • 50 gram bawang bombay 
  • 40 gram bawang putih 
  • 2 cangkir saus tomat 
  • 10 gram jahe 
  • 15 gram merica hitam 
  • 1 cup madu 
  • 2 liter air 

Cara membuat : 

  1. Bawang bombay dan bawang putih dicincang halus. 
  2. Campur semua bahan. 
  3. Rebus sampai mendidih. 
  4. Masak dengan api kecil sampai saus agak kental

    2. Sup Iga Babi

    5 Resep Masakan Daging Babi Enak dan Bergizi

    Bahan-bahan : 

    • 800 gram iga daging babi/ayam muda dipotong-potong 
    • 1,5 liter air bersih 
    • 2 batang sereh kupas, memarkan 
    • 4 lembar daun salam 
    • 1 sendok makan merica hitam 
    • 4 batang seledri potong bagi tiga 
    • 6 lembar daun jeruk 
    • 100 gram bawang merah kupas, memarkan 
    • 80 gram bawang putih , kupas, memarkan 
    • 3 buah cabai merah besar potong diagonal 
    • 4 biji kemiri 
    • 2 cm x 4 cm jahe segar, kupas, memarkan
    • 2 cm x 2 cm laos segar, kupas, diiris tipis 
    • 2 buah tomat merah dipotong kasar 
    • 2 cm x 4 cm kunyit kupas dan dikeprak 
    • Garam secukupnya 
    • 2 sendok makan minyak salad 

    Penemannya : 

    • 1 buah lobak putih, ukuran kecil kupas, diiris tipis, direbus 
    • 2 batang prei bersihkan, diiris tipis 
    • 1 buah wortel sedang, kupas, diiris tipis, direbus 
    • 8 sendok makan kacang buncis merah direbus sampai empuk 
    • 8 sendok makan kecap manis 
    • 5 sendok makan daun bawang dicincang 
    • 2 sendok makan seledri cincang 
    • 4 sendok makan sambal cabai ulek
    • 5 sendok makan bawang goreng 

    Cara membuat : 

    1. Rebus daging iga dalam air panas beberapa menit sampai kotoran dan darahnya keluar. Angkat dan cuci bersih di bawah air kran mengalir. Siapkan panci, masukkan iga babi dan air. Tambahkan, daun salam, sereh, seledri, merica hitam utuh dan daun jeruk 
    2. Panaskan minyak salad di dalam wajan, masukkan bawang merah, bawang putih, jahe, laos, cabe besar, kemiri, kunyit dan potongan tomat. Tumis sampai layu, lalu angkat dan masukkan ke iga. Tambahkan garam, lalu rebus di atas api sedang selama 3 jam atau sampai daging iganya empuk. Angkat dan saring sup iga. Pisahkan daging dengan bekas bumbunya. Ambil dan sisihkan dagingnya. 
    3. Tempatkan kuah dan daging iga ke dalam panci yang bersih. Masukkan kacang buncis yang direbus, prei, wortel, lobak rebus dan kecap manis. Diaduk rata, tambahkan garam. 
    4. Panaskan sup di atas api sedang beberapa menit. Siapkan 5 buah mangkok sup, bagi lima dan tuang ke dalam masing-masing mangkok. Taburi dengan bawang goreng, daun bawang dan seledri cincang di atasnya. 
    5. Hidangkan bersama sambal cabai ulek.Sajikan selagi panas. 

    Bumbu dasar : 

    • 400 gram cabai merah 
    • 50 gram cabai rawit merah 
    • 100 gram jahe 
    • 50 gram bawang putih 
    • 125 gram kemiri 
    • 2 sendok makan ketumbar 
    • 250 gram bawang merah 
    • 2 sendok makan terasi 
    • 2 sendok makan asam
    • 3 lembar daun salam 
    • 2 batang sereh 
    • 200 gram tomat 
    • 150 ml minyak goreng 
    • 60 gram kencur 
    • ¾ sendok makan garam 
    • ¾ sendok makan merica 
    • 250 ml air 

    Cara pembuatan :

    1. Campur semua bahan dan haluskan. Siap digunakan

    3. Babi Guling Khas Bali

    5 Resep Masakan Daging Babi Enak dan Bergizi

    Bahan-bahan : 

    • Anak Babi (kucit) 1 ekor (berat sekitar 20 kg) 

    Bumbu : 

    • Kunir 20 g 
    • Kencur 25 g 
    • Tangkai cengkeh 5 g 
    • Jahe 25 g 
    • Terasi 5 g 
    • Garam secukupnya 
    • Bawang merah 45g 
    • Bawang putih 25g
    • Lombok 40g
    • Pala 10 iris 
    • Kemiri 5 butir 
    • Ketumbar 4 sendok teh 
    • Merica 5 sendok teh 
    • Daun salam 10 lembar teh 
    • Daun belimbing 8 lembar. 

    Cara Membuat : 

    1. Semua bumbu dicincang sampai halus lalu dicampur dengan minyak kelapa. 
    2. Babi disembelih dan dibersihkan bulunya dengan cara menyiram seluruh permukaan tubuh babi dengan air mendidih. Kuku-kuku kakinya juga dibersihkan. 
    3. Setelah bersih, semua isi perutnya dikeluarkan dengan cara membuka bagian bawah perut, setelah itu rongga perut dibersihkan. 
    4. Selanjutnya sebatang kayu dengan panjang sekitar 2 meter dimasukkan kedalam tubuh babi yang telah bersih melalui lubang pantat sampai keluar dimulutnya. Kayu berfungsi untuk memutar-mutar saat dipanggang. 
    5. Selanjutnya ke dalam rongga babi dimasukkan bumbu yang telah dipersiapkan sebelumnya, terus bekas lubang pada perut bagian bawah dijarit dengan benang. 
    6. Sebelum babi digulingkan di atas bara api, kulit babi diremas dengan minyak kelapa, lalu dipolesi dengan air kunir, dengan maksud setelah babi guling itu masak supaya berwarna kuning gading. 
    7. Proses selanjutnya adalah membuat bara api dari serabut buah kelapa pada suatu tempat yang telah dipersiapkan. 
    8. Jika bara api telah siap, di atas bara api itulah babi digulingkan secara perlahan-lahan sehingga mendapat panas yang merata. Caranya adalah dengan memutar-mutar tangkai kayu (penggulingan) ke kiri dan ke kanan secara bergantian. 
    9. Selama babi guling berada di atas baralah api diusahakan bara api tidak menyala atau tidak padam. Babi guling ditaruh di atas bara api sampai masak yaitu dengan tanda-tanda kulit babi menjadi berwarna kemerah-merahan dan kulitnya tampak empuk atau renyah. 
    10. Setelah matang, tangkai kayu ditarik, selanjutnya babi guling siap disuguhkan. 

    4. Babi Cincang

    5 Resep Masakan Daging Babi Enak dan Bergizi

    Bahan-bahan :

    • Daging Babi cincang 
    • Kacang Panjang dipotong kira2 1 ruas jadi deh. Tapi bebas sih mau gede juga boleh sesukanya aja. 

    Bumbu : 

    • Sereh di geprek 
    • Daun Jeruk 
    • Daun Salam 
    • Terasi di bakar dulu (dikit aja kalo kebanyakan pait ntar) 
    • Cabe Rawit di potong kecil 
    • Kelapa Parut 
    • Bawang Goreng 
    • Air jeruk Limau

    Cara Membuat :

    1. Sereh, daun jeruk, daun salam di potong 1 cm gitu, Trus dicampur sama daging babi cincang. Kasi garam + merica sesukanya. Trus di Kukus deh sampe mateng … (gue sih kira2 aja .. gak itung brapa lama .. abis sambil ngukus gue sambil nonton sih hehehehe) 
    2. Kacang pancang di rebus sebentar jangan sampe kelamaan ntar lembek. 
    3. Trus daging kalo udah mateng di campur sama kacang panjangnya. 
    4. Masukin kelapa parut .. aduk sampe rata .. trus masukin air jeruk limau .. jangan kebanyakan ntar malah asem
    5. Caberawit di potong kecil2 trus di goreng sama sedikit minyak, masukin terasi aduk sampe harum. 
    6. Udah harum .. campur deh sama campuran daging + kelapa parut tadi .. aduk lagi ampe rata. 
    7. Terakhir masukin bawang goreng .. aduk lagi sampe rata …

    5. Babi Merah 

    5 Resep Masakan Daging Babi Enak dan Bergizi

    Bahan-bahan : 

    • 1/2 kg daging yang ada lemaknya 
    • 4 siung bawang putih, dirajang halus 
    • 4 sendok makan kecap asin 
    • 1/2 sendok teh bumbu hong 
    • 2 sendok makan ang ciu / arak masak 
    • 6 sendok makan gula pasir 
    • 1 sendok makan angkak, tumbuk halus (berwarna merah) 
    • 1 sendok teh minyak wijen 
    • 2 sendok teh garam 
    • 1 sendok teh penyedap rasa 
    • 2 sendok makan minyak sayur untuk menumis 
    • 1,5 gelas air putih 

    Cara Membuat : 

    1. 1/2 kg daging dipotong2 tebal +/- 5cm, memanjang masukan kecap asin, bumbu hong, ang ciu, 2 sendok makan gula pasir, minyak wijen. remas2 agar meresap. biarkan selama 1-2 jam. 
    2. panaskan wajan, masukan minyak sayur, tumis bawang putih hingga harum, masukan daging babi yang sudah dicampur bumbu2, aduk2 hingga 1/2 matang dan mengeluarkan minyak. lalu masukan air, angkak dan 4 sendok makan gula pasir, masak hingga air mengering dan daging empuk. 
    3. cobalah rasa masakan sebelum diangkat. angkak biasanya agak pahit, untuk itu perlu ditambahkan gula pasir agar manis. 
    4. Potong2 daging menjadi tipis agar mudah disantap.
    Nah itu dia sobat resepinfo beberapa ide resep masakan daging babi yang bisa kita praktekkan atau bisa kita gunakan di rumah dan di acara penting. Bagaimana tertarik untuk mencoba nya?? Tulis di kolom komentar resep mana nih yang paling kamu suka... 

    resepinfo.com, resep info, info resep, berbagai resep, resep masakan, resep makanan, berbagi resep, recipe, resep sehari hari, resep masakan kampung, www.resepinfo.com, blog resep info
    Bona Pasogit
    Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

    Posting Komentar untuk "5 Resep Masakan Daging Babi Enak dan Bergizi"